Minggu, 27 Oktober 2013

Sistem Informasi Akuntansi (Sofskill) Part.2

Wawancara UKM

Di sini saya mewawancarai sebuah toko obat di daerah pulogadung tentang system informasi akuntansi yang  dia pakai dalam toko tersebut. Berikut adalah inti informasi yang saya dapat dalam wawancara

Sudah berapa lama anda menggeluti usaha toko obat ini?
Jawab : kurang lebih sudah 10 tahunan

Wah sudah lumayan lama ya, tentunya toko ini sudah banyak perubahan ya pak?
Jawab : ya tentu, yang awalnya toko ini kecil hanya sepetak seperti warung, sekarang lumayan lah sudah lebih besar, dan awalnya cuman saya doang yang jaga toko sekarang sudah bisa mempekerjakan karyawan 7 orang.


Dalam pencatatan pembayaran toko ini menggunakan apa pak?
Jawab: awalnya kita menggunakan kalkulator dan kwitansi pembayaran saja, tapi sekarang kita sudah menggunakan mesin kasir ko.

Dalam memenejemen karyawan anda membagi tugas karyawan bapak sebagai apa saja?
Jawab : dari 7 karyawan itu saya membagi tugas ada yang di bagian casier, bagian penerimaan barang (gudang) , bagian pembayaran barang, dan bagian pencatatan keuangan.

Kalo boleh tau system informasi yang bapak gunakan dalam pemesanan dan pembayaran barang menggunakan apa ya?
Jawab : kita memesan barang ke supplier biasanya by phone atau fax, dan system yang kita gunakan dalam pemabayaran menggunakan faktur.

Yang bapak maksud faktur di sini apa ya?
Jawab Faktur yang saya maksud itu, kita melakukan pembayaran barang dengan cara kredit, biasanya 30 hari setelah barang diterima, si supplier akan datang lagi saat 30 hari itu, tapi si supplier itu di hari ke 28 biasanya sudah menagih, takut pembayarannya molor, dan jika sudah 30 hari itu namanya sudah jatuh tempo.

Bisakah bapak jelaskan alur dari pemesanan barang sampai pembayaran barang tersebut menggunakan faktur?
Jawab : alurnya ya? jadi awalnya kita pesan dari supplier barang dulu dan biasanya saat hari pemesanan, hari itu juga barang diterima, nah dalam hal ini bagian gudang melapor ke bagian pembayaran untuk memesan barang, dan saat barang nyampe si bagian gudang lah yang memeriksa barang itu sesuai ato tidak sama pesanan kita, nah bagian gudang melapor ke bagian pembayaran, trus si supplier menyerahkan faktur tagih asli ke bagian pembayaran, dan bagian pembayaran itu memberi faktur tagih yang isinya tanggal kita bayar barangnya.

Berhubungan system lagi ni pak, system apa yang bapak gunakan dalam pencatatan segala transaksi penjualan obat ke konsumen?
Jawab : di sini kita mempunyai seorang akuntan yang bertugas untuk pembukuan untuk transaksi  penjualan ke konsumen dan keluar masuk barang, kita menggunakan manual yaitu buku jurnal biasa.

Apakah bapak sudah puas dan cocok dengan system informasi dan manajemen yang bapak gunakan sekarang?  
Jawab : sejauh ini saya sudah cocok dengan system informasi dan manajemennya, tapi tidak menutup kemungkinan untuk merubahnya karena toko ini masih bisa berkembang lagi.

Rencana bapak kedepannya untuk toko ini apa?
Jawab : insya Allah saya ingin membuka cabang baru di daerah lain J

Kesimpulan dari saya mengenai wawancara di atas bahwa toko ini sudah teroganisasi secara baik dengan birokrasi yang tepat menggunakan membagi tugas karyawan yang sesuai yang di butuhkan, tetapi disini masih ada yang kurang, pembukuannya masih secara manual dengan buku jurnal biasa, seharusnya sudah bisa menggunakan komputerisasi dan dengan komputerisasi kita dapat mempermudah pencatatan transaksi, dan lebih mudah untuk mengecek data datanya dan lebih efisien. Saran saya jika toko ini ingin membuka cabang di daerah laen, toko ini harus memaksimalkan komputerisasi agar lebih mudah bertukar informasi antara toko pusat dan toko cabangnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar